Entri Populer

Senin, 21 Februari 2011

No Pain No Gain Oleh : Ariestanto "Eben" BURGERKILL


Oleh : Ariestanto "Eben"

<!-- AddThis Button BEGIN --> <!-- AddThis Button END -->
Ya, kurang lebih seperti itu isi e-mail yang diteruskan kepada saya dari agensi kami di Australia, Lauren Wilson, pemilik Xenophobic Distributions bersama suaminya yang juga punya andil besar dalam mengedar-kan dan mempromosikan album ketiga kami Beyond Coma and Despair di seluruh daratan Australia. Ha-ha, more dreams coming true, man. Hell yeah!!!
Tentunya ini berita yang sangat mengejutkan dan melegakan. Hilang seketika rasa penasaran tentang kepastian jadi tidaknya Burgerkill tampil di festival musik terbesar dan termegah di negeri kangguru ini. Bangga, terharu dan senang tidak kepalang rasanya. Bangga, setelah tanggal 3 Maret lalu kami menjadi satu-satunya band dari Asia yang berbagi satu panggung bersama Lamb Of God, In Flames, Lacuna Coil, Devil Driver, All That Remain dan band metal papan atas lainnya di event Soundwave Festival 2009 yang juga digelar di kota Perth, Australia.
Sedikit menarik mundur, di pertengah-an Februari 2009 kami berhasil menggelar tur sebagai headliner di enam kota wilayah barat Australia dengan tajuk The Invasion Of Noise Tour 2009. Memang selepas album Beyond Coma and Despair dirilis pada Agustus tahun lalu, antusias publik metal Australia terhadap Burgerkill pun dimulai. Banyak e-mail dan pesan bernada positif te-rus berdatangan hingga kami sepakat untuk melakukan beberapa show di sana. Dan hasil-nya pun memuaskan. Komunitas musik eks-trim Australia betul-betul antusias de-ngan kedatangan kami. Dari situlah kami mulai menjalin persahabatan dan kerjasama lintasnegara yang akhirnya bisa membawa kami untuk bermain di event sebesar Big Day Out. Sebagai musisi Indonesia, tentunya kami sangat bangga bisa kembali berkesempatan mengibarkan sang Merah Putih di atas panggung dunia, sebagai bukti bahwa karya anak bangsa juga bisa berbicara lantang di industri musik internasional, yang harus kami akui jauh lebih fair dan tidak memihak.
Jasad, Raja Singa, Keras Kepala atau Turtle JR adalah sebagian dari sekian ba-nyak band dari komunitas musik ekstrim kota Bandung yang juga pernah ikut berjasa mengharumkan nama negara di dunia internasional selain Burgerkill. Ada satu hal yang menarik dan perlu digarisbawahi, mereka semua murni diundang oleh komunitasnya dan bukan diundang oleh pihak Kedubes RI atau para WNI yang berdomisili di sana. Ini membuktikan bahwa band yang bagus itu bukanlah band yang punya catatan penjualan tinggi saja, tapi juga punya karya yang berkualitas! Contohnya, November kemarin Jasad sukses membakar kota Bangkok sebagai headliner di event Death Metal internasional ternama Bangcock Deathfest 2009 yang dihadiri hampir 2000 metalhead dari seluruh Asia. Setidaknya hal ini juga mampu menjelaskan bahwa kualitas karya musik anak Indonesia mulai diakui dan diterima dengan baik oleh khalayak musik dunia. Belum lagi menyebutkan berapa banyak album band Indonesia yang sempat dirilis di luar sana. Ini sebuah prestasi yang patut kita teladani dan hargai dengan segala bentuk dukungan penuh baik dari pihak yang terkait di arena industri musik Indonesia maupun pihak yang terlibat di sekitarnya.
Namun sayang prestasi yang kami raih di negeri orang tidak dapat berbicara banyak terhadap kebijakan sistem yang ada di rumah kami sendiri. Kota Bandung dengan pamor dan predikat sebagai kota paling kreatif di Indonesia juga tidak bisa berbuat apa-apa dalam menyelesaikan berbagai kendala yang dihadapi oleh komunitas. Stigma buruk terus melekat dan sulit sekali dilepaskan, sekalipun sudah banyak kegiatan positif yang sudah dilakukan demi memperbaiki citra miring yang terus mempersempit ruang gerak kami. Memang harus diakui tragedi konser berdarah 9 Februari 2008 lalu sangat berdampak pada sulitnya perizinan penye-lenggaraan event musik rock khususnya kota Bandung. Pil pahit terus kami telan dengan dengan dibatalkannya beberapa show kami di kota ini oleh pihak berwenang di sepanjang kurun waktu satu tahun lebih, tanpa alasan jelas. Ditambah lagi semakin mahalnya ongkos sewa venue dengan kapasitas yang memadai, menjadi sebuah pekerjaan rumah yang sangat berat bagi komunitas kami. Ironis memang, kota yang telah melahirkan banyak talenta seni berkualitas tapi tidak mampu memfasilitasi kebutuhan para senimannya untuk terus bebas berkreasi dalam bentuk dukungan sarana dan pelayanan sistemnya.
Namun nasi sudah jadi bubur, ini sudah menjadi tanggung jawab kami di komunitas untuk membuktikan kepada masyarakat luas bahwa kami tetap bisa berkreasi dan mewujudkan semua cita-cita dengan segala keterbatasan yang ada. Jujur saja mungkin saya salah satu manusia di muka bumi ini yang selalu ngotot dalam mengejar mimpi, apapun itu tantangannya. Tidak ada istilah ’tidak bisa’ selama kita mau berusaha. Untungnya saya dan teman-teman Burgerkill tidak pernah menyerah dan terus memutar otak untuk tetap bisa berekspresi dengan cara apapun. Dan sejauh ini kami sudah bisa merasakan sedikit demi sedikit mimpi-mimpi kami mulai jadi kenyataan. Yang jelas semua pencapaian ini bukanlah proses instan, semua kami jalani dengan proses panjang disertai kesungguhan dan kerja yang ektra keras. Saya yakin bukan hanya kami yang bisa menghadirkan mimpi-mimpi indah di depan mata, tapi semua teman-teman di seluruh Indonesia pun bisa asalkan tidak pernah berhenti bercita-cita dan selalu berusaha untuk mewujudkannya. Ayo sama-sama kita perbaiki citra musik Indonesia dan hancurkan semua omong kosong yang terus merajalela di ranah industri musik tanah air. No pain no gain. Hidup musik Indonesia! Keep smokin’ metal engine!
*Penulis adalah pendiri & gitaris Burgerkill, tinggal di Bandung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar